Rabu, 3 Mei 2023, salah satu mahasiswa Program Studi Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro, bernama Azizah Naflah Nuraini, berhasil meraih penghargaan emas dari ajang lomba internasional Malaysia Technology Expo (MTE) 2023 bertema “Asian Youth Innovation Awards”. Mahasiswa yang akrab dipanggil Naflah ini berkontribusi dalam menganalisis kondisi masyarakat sebagai sebuah segmentasi dari produk yang kelompoknya hasilkan.

Naflah bersama dengan Azka Nadiya Dzakiyalizz, Inayatu Shafiyah, Rinanda Wahyu Setiyaningsih, dan Siti Rahmawati Hidayah dari program studi Ilmu Gizi, Teknik Pangan dan Sastra Indonesia, menghasilkan produk bernama Dastea: Fennel Herbal ‘Drink to Prevent Gastritis’. Produk ini bertujuan untuk mencegah penyakit Gastritis.

Dalam kontribusinya, Naflah berpegang pada ilmu pengetahuan Antropologi Kesehatan dalam mengkaji secara langsung sistem sosial budaya masyarakat terhadap kepercayaan obat herbal non-medis, dengan tujuan agar produk dapat diterima oleh masyarakat luas dari sisi kebudayaan.

Pada akhirnya, melalui kategori “Healthcare, Personal Care Technology, Biotechnology, and Life Sciences”, Naflah berhasil meraih menghargaan emas bersama teman-teman kelompoknya. Melalui ini, Naflah membawa prestasi baru untuk program studi Antropologi Sosial, serta memberikan kontribusi nama baik untuk Universitas Diponegoro.

Jadi saya berperan memberikan sumbangan ide latar belakang, sekaligus analisis mendalam hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat produk, agar masyarakat dapat menerima. Disini saya ikut andil, karena produk kesehatan, saya mengunakan mata ilmu antrpologi kesehatan, seperti meninjau langsung latar belakang masyakat masih memilih percaya obat herbal non medis.

“Rasanya senang bisa memperkenalkan produk inovasi kami kepada mereka. Dengan mengenal banyak orang dari berbagai suku, saya semakin merasa bahwa dunia benar-benar luas dan masing-masing manusia memiliki keunikan mereka tersendiri, yang mana itu membuat diri mereka indah.” ujur Naflah (04/05/2023).

(oleh Vania P. Hanjani, M.Si.).