Melly Ayu Oktavia, Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2024 Gerakan Budaya BAIK: Baca Bersama Ibu dan Bapak

Kedungwuni Barat, Pekalongan (25/07/2024) Keluarga menjadi unit terkecil yang mempunyai pengaruh besar tempat anak belajar pertama kali. Pengasuhan anak sepatutnya menjadi tugas kolaborasi kedua orang tua yaitu Ibu dan Bapak. Pengasuhan tidak lagi berfokus pada peranan ibu. Namun, bapak juga dapat mengekspresikan diri melalui pengasuhan. Melalui kolaborasi antara Ibu dan Bapak pengasuhan anak dapat optimal. Hal ini akan mempengaruhi kesejahteraan psikologis, peningkatan kognitif, emosi, dan sosial pada anak. Membaca bersama Ibu dan Bapak dapat menjadi kegiatan yang dapat dilakukan untuk membangun pola pengasuhan yang optimal.  Membaca bersama Ibu dan Bapak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, bernalar logis, kreatif, dan imajinatif. Muaranya anak dapat memiliki keterampilan dalam menjalani kehidupan sosial.

Gerakan Baca Bersama Ibu dan Bapak atau disingkat BAIK menjadi salah satu program yang dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro periode 2024 di Kelurahan Kedungwuni Barat, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan mengadakan program multi disiplin Pendampingan Pra-Nikah dan Pasca Nikah Sebagai Upaya Keluarga Sejahtera “Siap Berkeluarga, Siap Berencana”. Program ini dilaksanakan di Kelurahan kedungwuni Barat, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan dengan sasaran Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Pelaksanaan program berada di balai pertemuan Kelurahan Kedungwuni Barat pada hari Kamis, 25 Juli 2024 yang dihadiri oleh kader TPK berjumlah sekitar 15 orang. Program diawali dengan pembagian  booklet yang berisi materi seputar literasi keluarga dan pentingnya  budaya gerakan keluarga BAIK, penyuluhan materi, sesi diskusi, dan stiker gerakan keluarga BAIK.

Program gerakan baca bersama Ibu dan Bapak digalakan dengan mengintegrasikan kader TPK yang tersebar di Kedungwuni Barat. Kolaborasi ini diharapkan mampu menyasar calon pengantin dan keluarga dalam edukasi  pola pengasuhan yang kolaboratif antara Ibu dan Bapak. Program gerakan BAIK bekerjasama dengan pengurus TPK di Kedungwuni Barat. Program dilaksanakan setelah perkumpulan dan monitoring data TPK. Respon dari peserta cukup interaktif dalam sesi diskusi terkait gerakan BAIK. beberapa diantaranya aktif berbagi informasi dan pengalaman dalam pengasuhan keluarga.