Kedungwuni Timur, Pekalongan (03/08/2024) – Mahasiswa KKN Tim II Undip menjalankan program monodisiplin berupa “Pendampingan Kelompok Rebana Pemuda Prawasan-Kuri’an Sebagai Upaya Pelestarian Tradisi Musik Rebana di Kelurahan Kedungwuni Timur”. Memainkan musik rebana merupakan suatu kegiatan yang tidak asing dimainkan oleh kalangan pemuda di wilayah Kabupaten Pekalongan. Hampir setiap kelurahan atau desa memiliki kelompok rebana yang menjalankan kegiatan berupa latihan secara rutin. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan keberadaan kelompok rebana masih cukup eksis di berbagai kalangan. Sehingga tak jarang musik rebana turut ikut andil dalam mengisi berbagai kegiatan acara di lingkup Kelurahan setempat. Seperti acara pernikahan, pengajian, halal bihalal, wisuda, dan lainnya.

Kelompok rebana Al-Mannan yang berada di Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu kelompok rebana yang dilakukan pendampingan oleh Andi Muhammad Affan Nugraha selaku mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2023/2024 Program Studi Antropologi Sosial. Kelompok rebana ini dipilih atas dasar upaya pelestarian tradisi musik rebana di kalangan pemuda setempat dan penguatan branding kelompok.

Pendampingan dilakukan melalui diskusi secara terbuka dengan pihak pengurus serta anggota kelompok rebana terkait rintangan, branding, dan struktur organisasi kepengurusan. Proses pendampingan memakan waktu kurang lebih selama 3 minggu. Dengan hasil yang dicapai berupa pendataan dan pembuatan struktur organisasi kepengurusan, penitikan lokasi latihan rutin melalui Google Maps dan edukasi pengaplikasiannya, branding digital melalui poster digital, serta pembuatan MMT kelompok sebagai upaya branding.

Kegiatan pendampingan ini diharapkan agar permainan musik rebana masih menjadi kegiatan yang eksis dan rutin dilaksanakan, khususnya oleh para pemuda setempat yang menjadi garda terdepan dalam pelestarian tradisi musik tersebut.

Andi Muhammad Affan Nugraha, Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro