MAHASISWA – antropologi Unpad dengan pendampingan dari mahasiswa antropologi Undip melakukan observasi lapangan bersama. Kegiatan observasi ini dilakukan pada 11-13 April 2019.

Observasi dilakukan di tiga tempat: Kampung Bustaman, Kawasan Kota Lama dan Kampung Pecinan. Setidaknya, ada 18 kelompok mahasiswa dengan 18 tema yang berbeda. Tema diambil berdasarkan keadaan multikultural kota Semarang, mulai dari agama, perdagangan, budaya hingga makanan.

Mahasiswa antropologi Unpad angkatan 2018 mengunjungi kota Semarang dalam rangka Praktek Kerja Lapangan (PKL). Dosen antropologi Unpad Nurseto MSi menuturkan mahasiswa melaksanakan PKL ini berdasarkan mata kuliah Proses Penelitian. Sehingga diharapkan observasi lapangan yang dilakukan di kota Semarang ini memberikan gambaran kepada mereka sebelum lanjut kepada metode dan pelaksanaan penelitian.

Antusias mahasiswa antropologi Unpad disambut baik oleh mahasiswa antropologi Undip. Ada 18 orang pendamping dari mahasiswa antropologi Undip yang siaga menemani observasi. Angga Satria sebagai koordinator mahasiswa Antropologi Undip mengatakan hubungan kekerabatan sesama antropolog berjalan baik dengan kegiatan ini. Harapannya kedua pihak ini, baik Unpad dan Undip dapat saling berbagi ilmu pengetahuan terutama dalam bidang studi Antropologi.