Kemiri Barat, Batang (05/08/2024) – Peluncuran sebuah booklet berjudul “BULANKU KEMBAR: Buku Kumpulan Kebudayaan Kemiri Barat” sebagai media informasi sekaligus promosi bagi Desa Kemiri Barat yang diproyeksikan sebagai desa seni dan budaya di Kabupaten Batang dicetuskan oleh salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) bernama Raisha Zahrani Wardiana dari jurusan Antropologi Sosial. Upaya ini dilakukan sebagai respons terhadap keterbatasan akses informasi mengenai potensi kebudayaan lokal di Desa Kemiri Barat meski desa tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu desa seni dan budaya di Kabupaten Batang melalui SK Bupati Batang Nomor 556/482/2020.

Dalam penelusuran yang dilakukan oleh Raisha Zahrani Wardiana, ditemukan bahwa meskipun beberapa informasi mengenai kebudayaan Kemiri Barat sudah tersedia di website desa, namun banyak di antaranya yang tidak dilengkapi dengan deskripsi detail dan dokumentasi. Selain itu, terdapat kebudayaan lokal yang sama sekali tidak terdata dan tidak bisa ditemukan informasinya di internet. Keterbatasan informasi ini tentu dapat menjadi penghambat bagi upaya pengenalan dan pelestarian kebudayaan Kemiri Barat kepada generasi muda dan masyarakat luas. Oleh karena itu, pembentukan buku berisi kumpulan kebudayaan di Kemiri Barat ini dirasa perlu sebagai sumber informasi yang lengkap dan mudah diakses.

Dalam booklet ini pembaca dapat mengetahui tentang seni dan kebudayaan yang berkembang di Desa Kemiri Barat, antara lain grup musik etnik tradisional “Kemlaka Etnik”, kesenian barongan “Kridha Tata Manggala”, sintren, karawitan, tahlil keliling, kirab bersih desa, dan sebagainya. Pembuatan booklet ini melibatkan kerjasama dengan para sesepuh desa, pegiat-pegiat kesenian, dan warga setempat yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai kebudayaan Kemiri Barat. Melalui teknik wawancara dan observasi lapangan, Raisha Zahrani Wardiana memastikan informasi yang disajikan akurat dan komprehensif.

Melalui serangkaian dokumentasi visual yang dilengkapi dengan deskripsi detail dari setiap kebudayaan dan kesenian yang ada, booklet “BULANKU KEMBAR” diharapkan dapat menjadi referensi berharga dalam kepentingan promosi dan pelestarian warisan budaya di Kemiri Barat. Dengan adanya informasi mengenai seni dan budayanya yang lebih lengkap dan terdokumentasi dengan baik, desa ini diharapkan dapat menjadi destinasi budaya yang semakin dikenal oleh khalayak luas dan menjadi langkah awal untuk lebih banyak lagi upaya pelestarian dan promosi budaya lokal.

Penulis: Raisha Zahrani Wardiana (Mahasiswa TIM II KKN Undip TA 2023/2024)

TIM II KKN Undip TA 2023/2024 Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang

Dosen Pembimbing Lapangan: Putri Rizka Citaningati, S.E., M.SEI.