Melly Ayu Oktavia, Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2024 Membuat Peta Fasilitas Umum di Karakteristik Daerah Penduduk Dinamis

Kedungwuni Barat, Pekalongan (06/08/2024)- Fasilitas umum memiliki peranan penting dalam keberadaan suatu daerah. Fasilitas umum menjadi fasilitas yang krusial dan perlu menjadi perhatian pemerintah dan pemangku kebijakan. Hal ini tidak lepas dari keberadaan  fasilitas umum yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara luas. Keberadaan fasilitas umum yang memadai mendorong pemenuhan  kebutuhan sehari-hari penduduk. Fasilitas umum yang mengalami kesenjangan dalam distribusinya akan  mengakibatkan kesenjangan kesejahteraan dalam  kehidupan penduduk. Daerah yang mampu menyediakan kemudahan dan akses fasilitas umum yang merata mampu meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Akses yang merata perlu di pastikan untuk mengoptimalkan pembangunan dan pengembangan  suatu daerah.

Kelurahan Kedungwuni Barat tergolong dalam daerah padat penduduk di Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan yang migrasi penduduknya cukup dinamis disertai pembangunan yang masif. Hal ini terkait dengan adanya  transisi daerah perkotaan ke pinggiran kota di Pekalongan.  Melalui keberadaan peta fasilitas umum, upaya untuk melakukan pendataan persebaran  fasilitas umum  dilakukan untuk membantu mempermudah penduduk mengakses fasilitas yang ada. Oleh karena itu, mahasiswa Tim  KKN II UNDIP 2024 membuat peta fasilitas umum di Kelurahan Kedungwuni Barat, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Peta fasilitas umum didukung dengan data pointing data lapangan dan citra satelit.

Kelurahan kedungwuni Barat mempunyai luas daerah total sebesar 2,47 Km kubik. Kedungwuni Barat merupakan wilayah kedua terbesar di Kecamatan Kedungwuni. Penduduk di Kedungwuni Barat berjumlah 13.261 jiwa Kelurahan ini mempunyai 8 dukuh, 58 Rt, dan 14 RW.  Mahasiswa KKN UNDIP 2024 pun membuat Peta Fasilitas Umum untuk mengoptimalkan potensi wilayah dan fasilitas umum. Melalui Keberadaan Peta fasilitas umum banyak sektor kehidupan bergerak. Sektor tersebut meliputi sektor pendidikan, ekonomi, pemerintahan, hiburan, olahraga, dan peribadatan. Sektor yang ada di wilayah Kedungwuni Barat mampu meningkatkan kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.

Hasil peta fasilitas umum mahasiswa tim KKN II Undip diterima oleh Pak Adhi Sulistiyono sebagai  Lurah yang sedang menjabat di Kelurahan Kedungwuni Barat. Lurah merespon baik program pemetaan fasilitas umum. Melalui pembaharuan peta fasilitas umum diharapkan dapat membantu pemerintah dalam merencanakan pembangunan infrastruktur, mengatasi permasalahan, dan keputusan kebijakan yang optimal.  Disamping itu, masyarakat luas juga memiliki kemudahan akses dan informasi untuk menjangkau layanan dan fasilitas yang ada untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan.