Menyingkap Nilai Luhur Syekh Amongrogo lewat Booklet Etnofotografi: Langkah Nyata Pelestarian Budaya dan Sejarah Desa Amongrogo

Amongrogo, Batang.

Di sudut barat Desa Amongrogo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, terdapat sebuah situs bersejarah yang menyimpan jejak masa lalu penuh dengan nilai-nilai budaya yang tak lekang oleh waktu.  Makam syekh Amongrogo yang terletak di Dukuh Maliyan bukan hanya sekedar tempat peristirahatan terakhir bagi penyiar agama sekaligus tokoh besar kisah tanah Jawa, melainkan juga sebagai saksi bisu perjalanan spiritual dan tradisi di kalangan masyarakat setempat.

Sebagai tokoh spiritual yang masih trah dan keturunan Sunan Giri Kedhaton, Syekh Amongrogo memiliki pengaruh besar yang hingga kini masih dirasakan oleh warga sekitar, baik melalui praktik ritual maupun kepercayaan yang melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah langkah penting dilakukan oleh Sismiatullutfiah mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024 Program Studi Antropologi Sosial, yang membawa upaya pelestarian warisan budaya lokal melalui pembuatan booklet etnofotografi. Booklet yang berjudul  “Menelisik Cerita Dibalik Temuan Bersejarah Makam Syekh Amongrogo” tidak hanya mendokumentasikan temuan arkeologis dan ritual yang berkaitan dengan Makam Syekh Amongrogo, tetapi juga memuat kisah-kisah masyarakat yang diwariskan secara turun temurun serta makna spiritualitas yang masih tetap lestari dalam kehidupan masyarakat Desa Amongrogo hingga saat ini.

Dalam kesempatan ini luaran fisik booklet diberikan secara langsung kepada Bapak Paryono selaku ketua kepengurusan makam Syekh Amongrogo serta Bapak …… Selaku Sekretaris Desa. Keduanya menyampaikan apresiasi yang mendalam atas inisiatif pembuatan booklet tersebut sebagai dokumen yang berharga dan berharap tradisi-tradisi yang ada tetap dilestarikan oleh masyarakat.

Dengan hadirnya booklet ini, mahasiswa berharap tradisi-tradisi yang berkaitan dengan keberadaan Makam Syekh Amongrogo tidak hilang begitu saja, melainkan terus dilestarikan dan dijaga. Makam disini pada akhirnya menjadi simbol dari kontinuitas budaya dan spiritual yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini.

Booklet Online           : http://bit.ly/BookletMakamSyekhAmongrogo
Penulis                       : Sismiatullutfiah (Program Studi Antropologi Sosial)
DPL                            : Dr. Adi Nugroho, M.Si. dan Miftahul Jannah, S.Si., M.Si.
Lokasi KKN                : Desa Amongrogo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang.