“Harga Kaki Lima, Kualitas Bintang Lima” Mengenal Lebih Jauh Pelaku Usaha Home Industry Konveksi Jeans

Christofer Sultan Wahyono, Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro

Desa Pajomblangan, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan (13/08/2024) – Desa Pajomblangan merupakan bagian wilayah administratif dari Kecamatan Kedungwuni, Kebupaten Pekalongan. Desa Pajomblangan terbagi secara administratif menjadi 4 dusun, 5 RW, dan 15 RT. Mata pencaharian masyarakat Desa Pajomblangan sendiri lebih dominan kearah bidang home industry usaha konveksi jeans. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berkesempatan untuk dapat melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pajomblangan. Mahasiswa KKN Tim II Undip menjalankan program monodisiplin berupa “mengenal lebih jauh pelaku usaha home industry konveksi jeans”. Dikarenakan banyak sekali masyarakat Desa Pajomblangan merupakan para pelaku usaha home industry sehingga menjadi pertanyaan bagaimana awal mula banyaknya usaha home industry?

Kami bertemu dengan salah satu pengusaha home industry konveksi jeans di Desa Pajomblangan bernama Mas Erwin, beliau merupakan pemilik dari salah satu usaha home industry konveksi jeans. Mas Erwin bercerita bagaimana Pekalongan khususnya Kecamatan Kedungwuni menjadi salah satu penghasil jeans terbesar dikarenakan bahan baku untuk pembuatan jeans salah satu yang termurah dan untuk penjualannya sendiri sangat laris sehingga banyak sekali masyarakat yang berlomba-lomba untuk membuka usaha konveksi jeans. Kami juga bertanya kepada beberapa pelaku usaha home industry konveksi jeans, sebelum ada media platform untuk penjualan online, masyarakat menjual hasil produksinya dengan cara menjual ke pasar dan setelah ada e-commerce penjualan meningkat drastis.

Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara. Proses pengambilan data dilakukan pada minggu ke-2 setelah penerjunan mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan hasil yang didapat berupa data-data yang diperlukan untuk ditinjau lebih jauh lagi. Kegiatan pengambilan ini diharapkan agar dapat mengetahui asal mula bagaimana usaha home industry terutama dalam usaha konveksi jeans dapat menjadi salah satu mata pencaharian yang paling banyak yang ada di Kecamatan Kedungwuni terutama Desa Pajomblangan.