Hidupkan Sejarah yang Meredup, KKN Undip Catat Sejarah Nama Kampung di Serengan

Pilar Bayu Sakti

Pencatatan sejarah dari suatu tempat merupakan hal yang sangat penting untuk melestarikan nilai-nilai yang ada di tempatnya berasal. Dalam sejarah bukan hanya tentang perjalanan sebuah tempat dapat terbentuk namun ada latar belakang budaya yang ingin di sampaikan didalam sejarah tersebut.

Kelurahan Serengan yang terletak di Kota Surakarta memiliki banyak kampung di dalamnya dan setiap kampung memiliki sejarahnya masing-masing, namun hingga saat ini sejarah dari kampung di Kelurahan Serengan belum tercatatkan dan hanya di sebarkan dari mulut ke mulut. Untuk menjaga agar sejarah nama kampung di Serengan itu tidak hilang, mahasiswa KKN Undip Pilar Bayu Sakti yang berasal dari Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Budaya berinisiatif untuk menghadirkan program kerja untuk mencatat sejarah nama kampung di Kelurahan Serengan.

Proses pencatatan tersebut berlangsung selama 1 bulan dimulai dari bulan Juli s/d Agustus 2024  dan hasil dari pencatatan ini berupa buku. Dalam proses pencatatan sejarah nama kampung di Kelurahan Serengan ini Pilar mendapatkan informasi dari masyarakat-masyarakat sekitar dan juga dari buku-buku sejarah Surakarta. Program ini disambut dengan baik oleh kepala Kelurahan Serengan yaitu Ibu Ir. Ida Setyaningsih. Beliau mengungkapkan bahwa ini merupakan program yang baik untuk melestarikan sejarah yang ada. Bu Ida juga mengungkapkan bahwa program ini sebenarnya sudah menjadi cita-cita beliau, namun  belum terealisasi hingga saat ini.