Senin, 17 April 2023 menjadi hari bersejarah untuk keluarga Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro. Pada hari tersebut, Antropologi Sosial diinformasikan sebagai Program Studi terbaik ke-4 di Indonesia menurut EduRank. Penilaian ini didasari oleh kualitas penelitian, mutu pendidikan, kredit sitasi dan publikasi ilmiah. Selain menduduki peringkat ke-4 terbaik di Indonesia setelah Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia dan Universitas Sebelas Maret, Program Studi Antropologi Sosial juga menduduki peringkat ke 71 se-Asia dan 879 sedunia.

EduRank sendiri merupakan peringkat berbasis metrik independen dari 14.131 universitas dari 183 negara, yang menggunakan basis data berpemilik dengan indeks 44.909.300 publikasi ilmiah dan 1.237.541.960 kutipan untuk memeringkat universitas dalam 246 topik penelitian. EduRank juga mempertimbangkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas alumni. Peringkat ini didukung dengan banyaknya alumni dari Universitas Diponegoro yang menjadi tokoh masyarakat, seperti Susi Pudjiastuti, Tjahjo Kumolo, H. Soekarwo, dan Hendrar Prihadi.

Oleh karena itu, dengan adanya prestasi baru yang berhasil diraih oleh Program Studi Antropologi Sosial, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada semua pihak untuk terus berkarya dan berinovasi.

(oleh Vania P. Hanjani, S.sos., M.Si.).