TAHUN 2018, Dr. Amirudin melahirkan buku “Antropologi Media: Tayangan Religi dan Produksi Budaya di Layar Kaca”  oleh penerbit Undip-Press.
Buku ini mengulas relasi TV – agama, dan budaya yang sempat ngetop menjadi trending topik di saat kali pertama TV memasuki era industrialisasi di awal tahun 1990-an. Banyak ahli sosial humaniora seperti Fealy (2012), Hariyadi (2010), Gunter (2006), dan Hefner (2000) menyoroti isu ini dan menuliskannya dalam buku-buku mereka. Penulis berkeinginan turut meramaikannya dengan menurunkan buku Antropologi Media dari hasil riset etnografi yang dilakukan  tentang “Tayangan Religi sebagai Ranah Produksi Budaya.”  Suatu telaah budaya yang dilakukan dengan pendekatan anti-esensialis yang sejak awal 2000-an ramai dibahas di kampus-kampus.  Semoga kehadiran buku — yang covernya dibesut Mulyo Hadi Purnomo dan Agus Romdhon — ini kelak dapat menambah warna-warni studi media dan budaya di Indonesia.