TIMES – Higher Education (THE) baru saja menerbitkan hasil pemeringkatan “University Impact Rangkings 2019 on Suistainable Development Goals”  kepada perguruan tinggi di dunia. Hasil pemeringkatan menunjukkan Universitas Diponegoro menduduki rangking 2 (skor 101-200) setelah Universitas Indonesia  (skor 80). Kampus lainnya adalah: UGM skor 101-200, (2) IPB skor 201-309, (3) ITB skor 301, (4) Unpad  skor 301+, (5) UNY  skor 301+.

Prestasi ini didapatkan berkat kerja keras institusi, dosen dan tendik yang memiliki kepedulian terhadap pelaksanaan SDGs yang sejak 15 September  2015 telah dilaunching . Tak ketinggalan Presiden Jokowi pun merespon dengan menetapkan agenda global menjadi agenda nasional melalui Perpres No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tujuan pembangunan Berkelanjutan.

Pasca ditetapkannya perpres, disusul dengan kegiatan menyusun roadmap, Rencana Aksi Nasional (RAN), metadata, pedoman penysunan RAD,  dan membuat panduan monev. Rupa-rupanya atas dasar kerangka fundamental dan kerangka teknis operasional yang telah disusun itu, Indonesia telah berhasil menyiapkannya. Itu semua tak lepas dari peran kampus sebagai stakeholder, dan sejauhmana kontribusi dan peran kampus dalam melaksanakan SDGs dapat dilihat dari hasil perangkingan yang dilaksanakan THE. Good luck Undip.***