Jumat, 16 Juni 2023 telah diumumkan bahwa tiga kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lolos dalam program pendaan BELMAWA. Kelompok pertama dalam kategori PKM-VGK berjudul “Smart Power BUMDes sebagai Sistem Integrasi Pengelolaan Bioenergi melalui Collaborative Local Business guna Mewujudkan Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan” menjunjung tema ekologi dan diharapkan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa. Kelompok ini diketuai oleh Dian Komalasari dari Antropologi Sosial, yang beranggotakan Ariya Permana Putra dari Teknik Elektro, Hasna Asti Fatihah dari Perencanaan Wilayah dan Kota, Abdulloh Ahmad Hanifan dari Teknik Elektro dan Rafi Rendian Sulaksono dari Antropologi Sosial.

Kelompok kedua dalam kategori PKM-RSH berjudul “Memayu Hayuning Bawana: Sedekah Gunung Merapi sebagai Mitigasi Bencana dalam Ketahanan Pangan Masyarakat Desa Lencoh, Selo, Boyolali Berbasis Local Wisdom” mengangkat tema mengenai kearifan lokal dan sistem kepercayaan sosial-budaya dalam ritual sedekah gunung. Kelompok yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswi Antropologi ini diketuai oleh Melly Ayu Oktavia, beranggotakan Cindy Novelly, Hanum Az Zahra, Nabila, dan Muhammad Robbi Sofyan.

Kelompok ketiga dalam kategori PKM-RSH berjudul “Kebudayaan dalam Persimpangan: Kajian Berkelanjutan Sistematik dalam Konteks Antroposen pada Komunitas Nelayan Tambak Lorok, Semarang” mengangkat tema antroposen kemaritiman mengenai dinamika masyarakat nelayan Semarang. Kelompok berisi mahasiswa-mahasiswi Antropologi Sosial ini diketuai oleh Maulana Fadullah, beranggotakan Alya Fadila, Dian Komalasari, Marsyanda Savira Amaradani, dan Larissa Dian Imanta.

Tidak hanya para mahasiswa yang terlibat, para dosen program studi Antropologi Sosial turut mengambil andil dalam pembimbingan yang baik, sehingga proposal PKM yang telah disebutkan mampu mendapatkan pendanaan. Dosen-dosen tersebut diantara lain adalah Dani M. Ramadhan, M.Ant., Izmy Khumairoh, M.A., dan Arido Laksono, M.Hum. Melalui prestasi ini, diharapkan baik para mahasiswa dan para dosen lain mampu terus mencetak prestasi dan semakin membanggakan program studi Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro.

(oleh Vania P. Hanjani, M.Si.)