Kalirejo, Pekalongan (25/07/2023) – Desa Kalirejo merupakan desa yang terletak di kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Kecamatan Talun meruapakan salah satu kecamatan yang termasuk bagian selatan dari Kabupaten Pekalongan. Mata pencaharian masyarakat Desa Kalirejo ini sebagian besar sebagai petani dan ternyata di Desa Kalirejo hampir setiap warga mempunyai lahan baik itu kebun ataupun sawah. Untuk menumbuhkan rasa cinta dan kesadaraan kebudayaan di Desa Kalirejo, Pada Tanggal 25 Juli 2023 mahasiswa KKN TIM II Undip melaksanakan penyukuhan Pembuatan Peta Budaya Desa Kalirejo.

Di Desa Kalirejo memiliki tradisi turun temurun yang masih dilakukan sampai saat ini. Tradisi tersebut yaitu sedekah bumi (legenan) dan nyadran. Hasil wawancara beberapa warga, di Desa Kalirejo masih menanamkan nilai leluhur kedua tradisi ini. Kedua tradisi ini bukan hanya Desa Kalirejo saja dilkukannya, namun juga se-Kabupaten Pekalongan.

Tradisi Sedekah Bumi Legenan

Tradisi sedekah bumi legenan merupakan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat di Desa Kalirejo. Masyarakat Desa Kalirejo hingga sampai sekarang masih mempertahankan dan masih rutin melaksanakan tradisi sedekah bumi legenan untuk setiap tahunnya. Tradisi sedekah bumi legenan dilaksanakan setiap setahun sekali yaitu pada bulan legena (Dzulkiadah) dimana bulan tersebut dipercaya sebagai dasarnya awal agama Islam masuk di Desa Kalirejo. Tradisi tersebut menunjukkan akar dari tradisi agraris dan tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat. Pelaksanaan tradisi sedekah bumi legenan dilakukan selama dua hari berturut-turut. Makna simbolik yang terdapat dalam tradisi sedekah bumi legenan yaitu sebagai rasa syukur kepada Allah swt dan memohon kepada Allah swt agar diberi keselamatan, kesehatan, keberkahan, dan tidak ada bencana apapun yang melanda di Desa Kalirejo dan masyarakat nya makmur sejahtera.

Tradisi Nyadran

Seabgian masyarakat di Pekalongan menggelar tradisi nyadran yang dilakukan menjelang Ramadhan. Salah satu yang menggelar tradisi nyadran dengan cukup unik adalah masyarakat di Desa Kalirejo, Kecamatan Talu, Kabupaten Pekalongan. Di Desa Kalirejo, tradisi nydaran berlangsung secara turun temurun. Warga mendatangi makam keluarga dan kerabat untuk membersihkan makam tersebut. Uniknya, mereka juga bertukar makanan di acara yang digelar di pemakaman itu.

Kepala Desa Kalirejo mengapreasiasi upaya mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dalam menyelenggarakan penyuluhan Peta Budaya Desa Kalirejo. Beliau berharap agar masyarakat semakin sadar dan menumbuhkan rasa cinta untuk melestarikan tradisi yang masih dilakukan sampai saat ini. Diharapkan upaya ini dapat menjadi langka awal yang positif untuk menciptakan kesadaraan melestarikan tradisi-tradisi yag ada di Desa Kalirejo.

Penulis           : Tri Endah Novianti (Antropologi Sosial, FIB 2020)

DPL              : Nenik Woyanti, S.E., M.Si.

Lokasi KKN : Desa Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

#KKNUndipTim2

#P2KKNUndip

#LPPMUndip

#Undip